SANG TOKOH HMI MALUKU Almarhum HUSNI HENTIHU Sebagai kader terbaik HMI

- Publisher

Monday, 20 February 2023 - 12:54 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy


Oleh: Saiful Chaniago/Alumni HMI Cabang Ambon

IM–Ambon;—Tepat pukul 22.49 WIB atau tepatnya pukul 00.49 WIT. Saya membaca informasi lewat grup WA(WhatsApp) Alumni HMI Maluku, bahwa telah meninggal dunia kanda Husni Hentihu di Rumah Sakit Umum Haulussy kota Ambon. Tentunya, berita duka yang tidak seperti biasanya, karena almarhum kanda Husni Hentihu adalah tokoh terbaik HMI di provinsi Maluku dan merupakan senior teladan, senior yang senantiasa memberikan nilai terbaik terhadap semua kepentingan kemaslahatan, terkhususnya kemaslahatan terhadap keluarga besar HMI dan KAHMI di provinsi Maluku.

Membaca sejarah HMI, terkhusus eksistensi HMI di Maluku. Maka kitapun akan menempatkan sosok kanda Husni Hentihu sebagai salah satu senior terbaik dalam perjalanan eksistensi HMI di Maluku, selain juga terdapat banyak senior terbaik. Artinya, kanda Husni Hentihu merupakan senior HMI yang senantiasa dijadikan teladan oleh semua kader HMI di Maluku, karena beliau selalu menjaga keseimbangan nilai terhadap semua kepentingan keluarga besar HMI dan KAHMI terkhususnya di Maluku, baik secara politis, ekonomis, sosial dan lainnya.

Terpilih sebagai ketua umum HMI Cabang Ambon periode 1976-1979 pada konferensi pertama HMI Cabang Ambon yang di gelar di kota Ambon (sumber;kanda Sofyan Harihaya). Kanda Husni Hentihu dikenal dan terkenal oleh civitas solid hijau hitam Maluku sebagai Ketua Umum pertama pada HMI Cabang Ambon, karena terpilih lewat proses musyawarah resmi, walaupun sebelumnya terdapat beberapa pemimpin HMI Cabang Ambon yang telah duluan ditunjuk untuk kemudian mengkonsolidasikan eksistensi HMI di kota Ambon.

Dalam dinamika kebangsaan yang menerapkan sistem tertutup alias tidak demokratis, tentunya kepemimpinan organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan di Indonesia, selalu diawasi secara ketat. Kondisi kebangsaan yang demikian saat itu, tentunya membutuhkan kepiawaian, siapapun pemimpin organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan saat itu, kepiawaian guna memastikan nilai terbaik dalam mempertegas eksistensinya masing-masing, baik institusinya maupun personalitynya.

Bersamaan dengan kepemimpinan kanda Abdullah Hehamahua di level nasional sebagai ketua umum PB HMI saat itu, yang terkenal sangat kritis terhadap pemerintahan Indonesia, tentunya tidak menurunkan nilai perjuangannya kanda Husni Hentihu sebagai pemimpin HMI Cabang Ambon di provinsi Maluku. Dengan senantiasa adaptif dan insklusif terhadap kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara saat itu, kanda Husni Hentihu tentunya selalu hadir diplomatis dalam semua kepentingan kemaslahatan kehidupan bermasyarakat, dan terbukti HMI mampu mempengaruhi semua kepentingan pembangunan di Maluku. Kepemimpinan kanda Husni Hentihu yang optimal, telah juga sukses melahirkan kader-kader terbaik HMI, sebut saja kanda Saleh Wattheluw, kanda Lutfi Sanaky, kanda Sofyan Harihaya, dan lainnya.

Torehan nilai terbaik kepemimpinan pada HMI, telah mendorong kanda Husni Hentihu bergabung sebagai salah satu kader terbaik pada partai Golkar provinsi Maluku, dan menempatkannya sebagai salah satu anggota DPRD Maluku. Kemudian, dalam perjalanannya kanda Husni Hentihu pun terpilih sebagai Bupati Kabupaten Buru periode 2002-2027 dan 2007-2012. Sejak berakhirnya kepemimpinan sebagai Bupati Kabupaten Buru, tidak serta merta kemudian menghilangkan nama besarnya kanda Husni Hentihu. Karena, nama besar kanda Husni Hentihu telah terbentuk sejak lama, sebagai tokoh mahasiswa yang sangat aktif dan adaptif dalam memperjuangkan kepentingan kemaslahatan rakyat.

Hari ini, 20 February 2023. Merupakan akhir perjalanan kehidupan di dunia sebagai salah satu tokoh terbaik HMI di Maluku. Semoga kanda Husni Hentihu mendapatkan tempat terbaik disisi Allah swt, tentunya berdasarkan seluruh amal baktinya terhadap ummat, bangsa dan negara Indonesia, terkhususnya provinsi Maluku.

Sebagai alumni HMI yang terkaderisasi pada HMI Cabang Ambon, saya mengajak seluruh keluarga besar HMI dan KAHMI terkhususnya di Maluku, untuk kemudian kita menunaikan sholat ghaib, agar di niatkan kepada almarhum kanda Husni Hentihu. Tentunya, sebagai bentuk tanggungjawab kita semua terhadap nilai terbaik yang telah diberikan oleh almarhum atas eksistensi HMI dan KAHMI di provinsi Maluku..

BillahitaufiqWalhidayah
Wassalamu’alaikum Wr Wb

Berita Terkait

Lanud Pattimura Terima Kunjungan Kerja Tim Wasgiat Pammat Sintel Mabes TNI.
Bank BPDM Maluku – Malut Tidak Transparan Dalam Pertemuan Dengan Bank DKI Dalam Rangka Penyertaan Modal 1,5 triliun.
Satgas Pamputer Jajaran 151/Binaiya Bakti Bantu Kesulitan Rakyat.
Beta Sport Temui Kapolda Maluku, Silaturahmi dan Jajaki Kolaborasi di Event Olahraga
Kasus Corona kembali Melonjak. Dinas Pendidikan Minta Semua Sekolah Belajar Dari Rumah.
Pedagang Kuliner Malam Samping Penginapan Juliet Akan Direlokasi KeTerminal Piru
19 Manfaat Buah Markisa untuk Tubuh Kita.
Penyaluran Dana Gempa Malteng Capai 60,08 Persen
Berita ini 713 kali dibaca

Berita Terkait

Thursday, 18 July 2024 - 19:41 WIT

Menghitung Kekuatan GSNU dan Come Back Golkar di Pilkada Buru

Thursday, 18 July 2024 - 16:54 WIT

Putra Suku Dani Papua Takjub Temukan Kebhinekaan Saat Proses Seleksi Akpol

Thursday, 18 July 2024 - 16:14 WIT

Pj Gubernur Maluku Hadiri Kegiatan Pembinaan Kemampuan Penyidik Polri dan PPNS

Thursday, 18 July 2024 - 15:30 WIT

Demo Bendungan Waeapo Rp2,1 Triliun Jebol, BWS Gembok Gerbang hingga Menolak Diwawancara

Thursday, 18 July 2024 - 11:09 WIT

Tingkatkan Kolaborasi, Bandara Pattimura Ambon bersama Komunitas Bandara Dukung Pembangunan Desa Wisata Laha

Thursday, 18 July 2024 - 09:09 WIT

Jaga Kenyamanan Konsumen SPBU Timika, 24 Petugas SPBU Ikut Pelatihan 

Thursday, 18 July 2024 - 09:00 WIT

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Temui Pos Satkamling Desa Luhutuban 

Thursday, 18 July 2024 - 08:49 WIT

Kami Tidak Anti Investasi, Ini Pernyataan Ketua BPD Waisamu.

Berita Terbaru

Headline

Menghitung Kekuatan GSNU dan Come Back Golkar di Pilkada Buru

Thursday, 18 Jul 2024 - 19:41 WIT