Polnam Gelar Pelatihan Penggulung Benang Otomatis Dan Pengrajin Tenun 

- Publisher

Monday, 29 January 2024 - 18:31 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

IM-Ambon-Polteknik Negeri Ambon, melalui Jurusan Teknik Elektro menurunkan tim pengabdian masyarakat untuk membantu JAI (Jemaat Air Manis) pengrajin Tenun, Kota Ambon, Maluku.

Politeknik Negeri Ambon melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam pelatihan penggunaan alat penggulung benang otomatis dan website marketing. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh dosen dan siswa Politeknik Negeri Ambon yang merupakan pendanaan PNBP tahun 2023.

Adapun tujuan yang dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait pengoptimalan pengrajin terhadap pemintalan benang secara otomatis dan strategi pemasaran UMKM kerajinan tenun di Era digitalisasi.

Selain itu, Kegiatan tersebut digelar Minggu, (28/01/24) dimana diikuti oleh pengrajin tenun Tawiri, Kec. Tlk. Ambon, Kota Ambon, Maluku, juga dibantu 2 orang narasumber yaitu Selly Jamlay dengan materi alat peggulung benang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi pengrajin tenun dan pemateri Keril Aliona dengan paparan materinya yaitu Pengunaan Website Marketing dalam pemasaran Tenun.

Ketua TIM pengabdian masyarakat, Denny Richard Pattiapon, sekaligus Dosen Jurusan Teknik Elektro, pada Politeknik Negeri Ambon menyampaikan bahwa, ini adalah upaya yang terus dilakukan agar UMKM kerajinan tenun dalam bersaing memasarkan produk yang bisa dijual secara digitalisasi dan bersaing dalam proses pengrajinan secara modern sehingga meningkatkan pengerjaan dan pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Kita Politeknik Negeri Ambon, Khususnya Jurusan Teknik Elektro, berusaha memudahkan kelompok pengrajin dalam memintal benang, dimana selama ini mereka memintal benang memakan waktu tiga jam. Dengan adanya pemintal benang otomatis pengrajin tenun dapat memintal benang dalam waktu 30 menit. Dimana 5000 gulungan sudah siap dalam waktu 30 menit tersebut,” ungkap Pattiapon.

Alat pemintal benang otomatis ini merupakan hasil rakitan atau hasil karya politeknik negeri Ambon, khususnya jurusan teknik Elektro. Dimana ini merupakan jawaban atas keluhan pengrajin, sehingga menjadi motifasi dari politeknik negeri Ambon dalam berupaya merakit atau membuat hasil karya pemintal benang otomatis ini.

Selain itu, ini merupakan produksi pertama politeknik negeri Ambon, dan akan dikomersialkan kepada pengrajin lain.

“Laporan hasil kita politeknik negeri Ambon kepada TIM bahwa produksi ini tidak hanya akan digunakan bagi pengrajin Tawiri saja, tetapi akan di dikomersialkan bagi pengrajin tenun yang ada di kota Ambon, ” Ungkap Pattiapon.

Pattiapon juga berharap, semoga Politeknik Negeri Ambon khususnya Jurusan Teknik Elektro dapat bekerja sama dengan pemerintah kota Ambon dalam mempromosikan hasil karya Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Ambon.

Bukan hanya alat pemintal benang otomatis tetapi juga mengenai penjualan. Politeknik negeri Ambon juga telah membuat website marketing penjualan hasil tenun bagi pengrajin.

“Selain pemintal benang otomatis, kita juga membuat website marketing kepada pengrajin tenun guna untuk memasarkan hasil karya tenun yang mereka buat secara digitalisasi mengikuti trand moderen yang ada sekarang ini, sehingga UMKM Maluku dapa berkembang pesat dan menjadi pemasukan bagi mereka,” Ungkap Pattiapon.

Pattiapon mengatakan karenan mengingat selama ini segi pemasaran hanya dilakukan secara manual yaitu dari pembicaraan-pembijaraan saja. Mengenai pemasaran juga suda dipaparkan pada Narasumber pertama bagaimana cara pengunaaan dan pemasaran bagi pengrajin Tenun di Tawiri ini dan nanti ya akan di pasarkan pada website utk:https://jai-tenun.com.

Karena itu, Harapan Pattiapon bahwa hal-hal dari segi teknis rangkayan peralatan akan kita kembangkan lagi dan akan kita sosialisasikan bagaimana cara penggunaan dan perbaikan ketika ada problem saat penggunaan alat yang kami ciptakan ini.

“Kita politeknik negeri Ambon juga kedepannya akan ciptakan alat-alat kerajinan lainnya secara otomatis, dan di era digitalisasi ini politeknik negeri Ambon siap menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat,” tegas Pattiapon.

Sementara itu, pada kesempatan yang saya salah satu pengrajin Ika Matruti menyampaikan bahwa,

Alat penggulung Benang Otomatis ini sangat membantu dan lebih efektif secara otomatis. Untuk efektifitas waktu secara otomatis lebih cepat.

Untuk itu Ika mengatakan, Dengan adanya kegiatan ini mengajarkan kami pengrajin untuk memproduksi hasil karya rajutan secara digital yang dapat di pasarkan melalui utk:https://jai-tenun.com. (IM-06).

Berita Terkait

Tokoh Masyarakat dan Karyawan Desak Pj Bupati SBB Kembali Ijinkan Pengoperasian PT SIM
Kisah Polwan Bantu Jemaah Haji saat Cuaca Panas di Arab Saudi
Pemkot Ambon Dan PT. Modern MultiGuna Mencekik Leher Para Pedagang Plaza Ambon 
Kecerdasan dan Kemampuan Spiritual Yang Dapat Menangkal Dampak Negatif Artificial Intelligence Terhadap Nilai Kemanusiaan
RM. Putri Bungsu jalan Said Perintah Kota Ambon dipasangi Police Line
389 Atlit Karate Ikuti Kejuaraan INKANAS Maluku
OKP Cipayung Plus Apresiasi Kapolda Maluku: Tugas Kita Bersama Menjaga Maluku Aman dan Damai
15 Tahun Jadi Kepsek SMA Neg 9 KKT, Melianus Reskin di Nilai Gagal.
Berita ini 38 kali dibaca

Berita Terkait

Saturday, 27 July 2024 - 08:09 WIT

Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor

Saturday, 27 July 2024 - 06:29 WIT

PUPR Beserta OPD Kab. Aru Menggelar Jalan Sehat Disertai Loanching GAS JABU Dan FGD.

Saturday, 27 July 2024 - 06:20 WIT

Kukuhkan 26 Kades, Ini Pesan Bupati Bursel

Friday, 26 July 2024 - 20:31 WIT

Warga Passo Semangat Atas Batuan Dari Cawagub Maluku 

Friday, 26 July 2024 - 20:26 WIT

Kontraktor Proyek Drainase Di Kabupaten Kepulauan Aru, Keluh Pemda Belum Cairkan Um.

Friday, 26 July 2024 - 19:35 WIT

Dirjen Dikti Ristek Buka KKN Kebangsaan Ke-XII di Islamic Center

Friday, 26 July 2024 - 15:38 WIT

Lengkap Lima Pelaku Persetubuhan Anak Ditangkap 

Friday, 26 July 2024 - 13:25 WIT

Ribuan Orang Banjiri Pembukaan Turnamen Dandim CUP 1 SBB Di Lapangan Kabaresi Piru.

Berita Terbaru

Headline

Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor

Saturday, 27 Jul 2024 - 08:09 WIT

Headline

Kukuhkan 26 Kades, Ini Pesan Bupati Bursel

Saturday, 27 Jul 2024 - 06:20 WIT

Headline

Warga Passo Semangat Atas Batuan Dari Cawagub Maluku 

Friday, 26 Jul 2024 - 20:31 WIT