Ketua DPRD Buru Tepis Tak Mampu Pimpin Sidang Pembentukan AKD

- Publisher

Thursday, 14 November 2019 - 18:13 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

AMBON-
Tudingan miring kalau dirinya tidak mampu memimpin sidang pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) ditepis Ketua DPRD Buru Moh Roem Soplestuny. Faktanya, AKD yang sempat alot dibahas berhasil mencapai kata sepakat, Senin lalu telah berfungsi sebagaimana layaknya.

Politisi Partai Golkar ini menepis tudingan miring tersebut. Dijelaskan legislator yang akrab disapa ‘MRS” ini, proses penetapan AKD berlangsung dinamis ketika itu, namun ketiga pimpinan dewan mampu menyatukan berbagai pendapat yang muncul. Namun melalui musyawarah untuk mufakat perbedaan itu dapat disatukan.

“Alhasilnya, kami pimpinan DPRD bersama rekan rekan DPR yang lain dapat menyelesaikan pembentukan AKD. Dan sudah diparipurnakan pada senin 11 November kemarin,” akuinya, Kamis (14/11).

Bagi pihaknya, ujar MRS, sejatinya tidak ada kendala dalam proses pembentukan AKD tersebut. Kalaupun molor itu juga masih dalam kondisi yang wajar. Dia mengaku, perbedaan pendapat adalah hal yang biasa dan dan dirinya sudah terbiasa dengan kondisi seperti itu.

Berkaitan dengan beredarnya kabar di media online bahwa secara pribadi dan selaku Ketua DPRD bersama 2 pimpinan lainya tak mampu memimpin sidang, mengakibatkan molornya pembahasan AKD, dia menyayangkan pemberitaan tersebut. Sebab diberitakan tanpa meminta konfirmasi dengan pihaknya untuk memastikan kebenaran informasi itu.

“Sebab itulah kami ingin tegaskan, informasi tersebut tidak benar adanya bahkan terkesan sangat bertendensi politis” tandas MRS.

Malah yang sebenarnya terjadi pasca pelantikan pimpinan DPRD pada Rabu 6 november 2019 lalu, beber dia, pihaknya langsung mengambil langkah cepat selaku pimpinan DPRD. Dia mengundang seluruh anggota DPRD Buru untuk hadir guna membicarakan pembentukan AKD tersebut.

Bukan hanya itu, setelah pembentukan AKD diselesaikan, dia menyurati Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Buru, guna menggelar rapat untuk menyusun agenda anggota dewan.

“Dan alhamdulillah agenda dewan sudah ada dan sekarang teman teman DPRD sudah melaksanakan tugas sesuai fungsi dan agenda DPRD Buru,” terangnya.

Lebih jauh Moh Roem Soplestuny berharap semua elemen masyarakat untuk bahu membahu membangun Kabupaten Buru tajuk negeri Bupolo ini. Karena banyak tugas dan tanggungjawab yang jauh lebih penting selaku anggota DPRD maupun masyarakat.

Roem mengaku jabatan sebagai wakil rakyat maupun Ketua DPRD bukan milik masyarakat Dapil II Kecamatan Waeapo-Batabual saja yang mana dia berasal melainkan seluruh masyarakat Kabupaten Buru di 10 kecamatan yang ada.

Ditegaskan, jabatan tersebut bukan untuk bereforia melainkan merupakan amanah yang sangat berat. “Itu amanah yang harus dijaga dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab serta penuh kehati-hatian,” lanjut dia.

Dia menambahkan, tugas pengawasan untuk membangun negeri Bupolo sejatinya bukan hanya tanggungjawab para wakil rakyat di DPRD melainkan tanggungjawab bersama seluruh elemen masyarakat, OKP, LSM, wartwan dan lainnya. Yang mana halbitu sebagai bentuk fungsi “check and balance”terhadap kinerja eksekutif, yudikatif maupun pihaknya di legislatif.

” Harapan saya ke depan kita semua dapat bersinergi, membangun komunikasi yang baik dan selalu bersilaturahmi guna menciptakan kondisi yang harmonis, aman dan damai untuk negeri ini ke depan,” tandas Moh Roem Soplestuny yang akrab disapa MRS dalam hak jawabnya disampaikan ke redaksi infomalukunews.com.(pom)

Berita Terkait

Gubernur Maluku Hadiri Rakor Pelaksanaan Pemilu Dan Pilkada 2024.
Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari Kunjungi Maluku untuk Konsolidasi Pemilu Serentak 2024
Rakerda PAN Buru Dan Bursel Zulkifli Hasan Direkomendasikan Calon Presiden 2024
KPU Bursel Mencopot Bendera Partai Berkarya Pimpinan Hutomo Madala Putra.
Silaturahmi, Demokrat- PKS Nyatakan Sikap Bertarung Rebut Bupati Buru.
Ketua KNPI Maluku Imbau Elemen Pemuda Jangan Jadi “Penunggang Kepentingan”
Fatlolon Pastikan MTQ Jalan, Warga Desa Labobar Demo
Tunjuk Wahid Laitupa Pimpin PAN Maluku, DPP Langsung Instruksikan Musda
Berita ini 344 kali dibaca

Berita Terkait

Thursday, 18 July 2024 - 20:20 WIT

Pj Gubernur Maluku Launching Pasar Inflasi, Wujudkan Kepedulian Masyarakat.

Thursday, 18 July 2024 - 19:50 WIT

Badan Pusat Statistik Bursel Gelar Kolaborasi Satu Data

Thursday, 18 July 2024 - 19:41 WIT

Menghitung Kekuatan GSNU dan Come Back Golkar di Pilkada Buru

Thursday, 18 July 2024 - 16:54 WIT

Putra Suku Dani Papua Takjub Temukan Kebhinekaan Saat Proses Seleksi Akpol

Thursday, 18 July 2024 - 16:14 WIT

Pj Gubernur Maluku Hadiri Kegiatan Pembinaan Kemampuan Penyidik Polri dan PPNS

Thursday, 18 July 2024 - 11:09 WIT

Tingkatkan Kolaborasi, Bandara Pattimura Ambon bersama Komunitas Bandara Dukung Pembangunan Desa Wisata Laha

Thursday, 18 July 2024 - 09:22 WIT

Polri Gelar Kejuaraan Internasional Open Indoor Skydiving Kapolri Cup 2024

Thursday, 18 July 2024 - 09:09 WIT

Jaga Kenyamanan Konsumen SPBU Timika, 24 Petugas SPBU Ikut Pelatihan 

Berita Terbaru

Headline

Badan Pusat Statistik Bursel Gelar Kolaborasi Satu Data

Thursday, 18 Jul 2024 - 19:50 WIT

Headline

Menghitung Kekuatan GSNU dan Come Back Golkar di Pilkada Buru

Thursday, 18 Jul 2024 - 19:41 WIT