Pemkot Ambon Dapat Nilai Terbaik Dari Ombudsman RI

- Publisher

Tuesday, 30 January 2024 - 18:49 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

IM-Ambon-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar apel pagi sekaligus penyerahan hasil penilaian kepatuhan Pemerintah Kota Ambon oleh Sekretaris Jenderal Ombudsman RI Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu.

Apel pagi yang digelar Pemkot Ambon ini berlangsung di Pattimura Park, Kota Ambon, Selasa 30/01/2024, pukul 08:00 WIT.

Pada kesempatan itu, Pj. Walikota Ambon Bodewin Wattimena menyampaikan bahwa Pemkot Ambon memiliki tiga tugas besar, yaitu memastikan terselanggaranya pemerintahan, pelayanan publik, dan pembangunan di Kota Ambon.

Menurutnya, dengan adanya pelayanan publik, semua pihak harus memenuhi standar, prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan agar pelayanan publik dapat optimal dan maksimal

“Proses pencapaian kinerja dalam pelayanan publik harus dilakukan secara baik, tersistematis, dan terintegrasi sejak awal perencanaan, karena hal ini akan menuju pada optimalisasi pelayanan publik yang kemudian akan menghasilkan kinerja yang dinilai oleh Ombudsman RI,” jelasnya

Pada survei tahun lalu kata Wattimena, Kota Ambon berada di zona kuning, yang menunjukkan bahwa terdapat beberapa area yang masih perlu ditingkatkan. Namun, pada survei tahun 2023 dan 2024 Kota Ambon telah mencapai zona hijau, yang menandakan peningkatan dalam pelayanan publik.

Wattimena juga berharap dari hasil yang diperoleh saat ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemerintah Kota Ambon untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan publik.

“Penghargaan bukanlah tujuan utama, tetapi apresiasi yang diberikan atas kinerja yang tepat waktu merupakan kebanggaan bagi semua pihak, dan semoga Ombudsman akan melanjutkan penilaian untuk tahun ini dan berharap hasilnya dapat mempertahankan capaian yang telah dicapai saat ini,” demikian kata Pj Walikota Ambon itu.

Ditempat yang sama, Kepala Perwakilan Ombudsman Maluku Hasan Slamat, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa ini adalah pertama kalinya Ombudsman Republik Indonesia hadir bersama-sama dengan Pj. Walikota dan Sekretaris kota dalam rangka penyerahan hasil penilaian strategis kepatuhan pelayanan publik yang telah dilakukan selama ini.

“Pada kesempatan ini, Kota Ambon akan diumumkan sebagai yang terbaik dalam survei kepatuhan pelayanan publik di Maluku, dan Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Ombudsman RI yang datang khusus dari Jakarta,” ungkap Slamat.

Dikatakan, Puskesmas Kota Ambon mendapatkan nilai terbaik pada penilaian kali ini, meskipun pada tahun 2022 mereka mendapatkan nilai yang kurang baik, dan hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat masalah kesehatan menjadi fokus utama di Maluku.

Bahkan pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan Ombudsman memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Dukcapil yang pada survei sebelumnya mendapatkan nilai terbaik.

Dirinya berharap, OPD yang belum dinilai dapat mempersiapkan diri dengan baik dan bekerja sama untuk mempertahankan pencapaian yang telah diraih.

“Kepada Camat dan Lurah semoga dapat menerapkan standar pelayanan publik sehingga Kota Ambon dapat menjadi contoh yang baik di Provinsi Maluku,” ungkapnya

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Ombudsman Republik Indonesia, S. P. Pasaribu, turut memberikan apresiasi kepada Kepala Puskesmas Kota Ambon yang mendapatkan nilai terbaik dalam penilaian kali ini, meskipun pada tahun sebelumnya nilai mereka tidak begitu baik.

“Hal ini sangat penting mengingat persoalan kesehatan menjadi fokus utama di Kota Ambon,” ungkap dia

Bahkan dia menyampaikan pesan tentang pentingnya kolaborasi dalam pelayanan publik, semua penyelenggara pelayanan publik harus bekerja sama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pasirinu jiga berharap agar mindset yang terkotak-kotak dapat diubah menjadi kolaboratif.

Di akhir sambutannya, Sekretaris Jenderal Ombudsman mengucapkan selamat kepada Kota Ambon, Pj. Walikota, dan seluruh peserta atas prestasi yang telah dicapai, Beliau berharap agar Kota Ambon terus berkembang menjadi kota yang luar biasa dan damai.

Selanjutnya dilakukan penyerahan hasil penilaian kepatuhan oleh Sekretaris Jenderal Ombudsman RI, kepada Pemerintah Kota Ambon yang di terima oleh Pj. Walikota Ambon, dan dilanjutkan dengan penyerahan Piagam penghargaan Kepatuhan Pelayanan Publik kepada Puskesmas Poka/Rumah Tiga Kota Ambon, Puskesmas Karang Panjang Kota Ambon, Dinas Pendidikan Kota Ambon, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Ambon, Dinas Kesehatan Kota Ambon, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon, dan Dinas Sosial Kota Ambon.

Sekedar tau turut hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse, Sekretaris Jenderal Ombudsman Republik Indonesia, S. P. Pasaribu, Kepala Perwakilan Ombudsman Maluku Hasan Slamat, para penjabat Eselon III, IV, Fungsional.

Selain itu turut hadir pula, para kepala sekolah, puskesmas, raja, lurah, camat sekota Ambon, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), staf, dan aparatur sipil negara di lingkup Pemkot Ambon. (IM-VLL).

Berita Terkait

Sholat Idul Adha dengan masyarakat di Masjid At Taqwa. Kapolda: Berkah kurban untuk sesama.
Jalin Silaturahmi JAR Serahkan Hewan Kurban Di SBB.
Ratusan Warga Tanah Goyang Ramaikan Antar Qur’ban Dengan Hadrat keliling Kampung.
Warga Muhammadiyah Ambon Membagikan Daging Kurban
Pastikan Keamanan, Kapolsek Kawal Malam Takbiran Hingga Sembelih Hewan Kurban
Warga Muhammadiyah Ambon Melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 H, Di Pelataran Perguruan Tinggi Muhammadiyah Wara 
Kapolres Buru Sumbang 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing di hari raya Idul Adha 1445 H
Rayakan Idul Adha 1445 H, Polres Buru dan Polsek Jajaran Berbagi Berkah.
Berita ini 41 kali dibaca

Berita Terkait

Monday, 17 June 2024 - 22:05 WIT

Sholat Idul Adha dengan masyarakat di Masjid At Taqwa. Kapolda: Berkah kurban untuk sesama.

Monday, 17 June 2024 - 21:09 WIT

Jalin Silaturahmi JAR Serahkan Hewan Kurban Di SBB.

Monday, 17 June 2024 - 20:54 WIT

Ratusan Warga Tanah Goyang Ramaikan Antar Qur’ban Dengan Hadrat keliling Kampung.

Monday, 17 June 2024 - 20:28 WIT

Warga Muhammadiyah Ambon Membagikan Daging Kurban

Monday, 17 June 2024 - 15:10 WIT

Pastikan Keamanan, Kapolsek Kawal Malam Takbiran Hingga Sembelih Hewan Kurban

Monday, 17 June 2024 - 14:50 WIT

Kapolres Buru Sumbang 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing di hari raya Idul Adha 1445 H

Monday, 17 June 2024 - 14:42 WIT

Rayakan Idul Adha 1445 H, Polres Buru dan Polsek Jajaran Berbagi Berkah.

Sunday, 16 June 2024 - 22:08 WIT

Jelang Idul Adha 1445 Hijriah/2024, Yayasan Indah Kembali Berbagi Qurban di Indonesia Timur, Maluku Prioritas

Berita Terbaru

Headline

Jalin Silaturahmi JAR Serahkan Hewan Kurban Di SBB.

Monday, 17 Jun 2024 - 21:09 WIT

Headline

Warga Muhammadiyah Ambon Membagikan Daging Kurban

Monday, 17 Jun 2024 - 20:28 WIT