Pelayanan Kesehatan RSUD Piru Atas Instruksi Pj.Bupati Seram Bagian Barat

- Publisher

Monday, 25 March 2024 - 21:34 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

SBB, Infomalukunews.com, Terkait dengan pemberitaan media yang menyudutkan pihak rumah sakit umum Piru dan Pj. Bupati Seram Bagian Barat selaku Kepala Daerah yang saat ini sedang serius menyelesaikan persoalan-persoalan pembangunan baik sebelum masa jabatannya maupun dalam masa jabatannya.

Dengan tuduhan yang tidak berdasar, seolah olah pihak rumah sakit maupun Pemda Kabupaten Seram Bagian Barat telah mengabaikan Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Piru.

Perlu di jelaskan isi pemberitaan yang telah menyudutkan, memfitnah serta telah mencemari nama baik pihak rumah sakit maupun Pemerintah Daerah dalam hal ini Pj. Bupati Seram Bagian Barat di hadapan publik.

Dimana Informasi yang sampaikan berbeda dengan yang telah diberitakan sehingga akan mempengaruhi psikologi masyarakat yang akan melakukan pelayanan kesehatan di RSUD Piru.

Akibat dari pemberitaan tersebut maka di anggap penting untuk mengklarifikasi terkait pemberitaan tersebut.

Pj Bupati SBB Andi Chandra As’aduddin, kepada wartawan mengatakan terkait dengan informasi pengabaian pasien oleh pihak Rumah sakit dan ketidakpedulian pihak rumah sakit dan Pemda Kabupaten Seram Bagian Barat terhadap pasien rumah sakit yang ingin mendapatkan layanan kesehatan itu merupakan fitnah dan informasi hoaks

“Hal ini tidak sesuai dengan kenyataaan bahwa pihak rumah sakit piru sedang berupaya dalam rangka peningkatan layanan rumah sakit secara paripurna,” ucapnya. Senin 25/03/2024

Sementara itu kata Pj Bupati SBB itu, terkait dengan kehabisan obat dan pasien diminta kesediaan untuk membeli obat di luar itu merupakan pertanyaan dari pihak pewawancara yang bertanya “seandainya hal itu terjadi pada pasien BPJS”, pewawancara menggunakan kata seandainya dan itu merupakan pengandaian dari pewawancara.

“Disini perlu saya jelaskan bahwa Instruksi dari Pj. Bupati, “jika terjadi kehabisan obat yang terjadi pada pasien BPJS yang bersedia membeli obat di luar maka obat yang telah dibeli oleh pasien tadi dapat diganti (dirembes) setelah adanya klaim kepada pihak BPJS” penjelasan dari pihak rumah sakit yang menyatakan risiko harus membeli obat diluar sebenarnya ada kelanjutannya dan sengaja dipangkas seolah-olah adanya pengabaian akan kondisi tersebut. Dan Informasi tersebut merupakan fitnah yang luar biasa,” jelas Chandra

Diatakan, persoalan anggaran kebutuhan untuk obat yang minim, perlu saya jelaskan, bahwa pihak rumah sakit saat ini telah berupaya untuk memperoleh obat-obatan baik obat emergency maupun obat-obatan rutin dengan menggunakan beberapa pendekatan akibat dari hutang obat-obatan di masa kepemimpinan yang lalu sehingga berdampak kepada beberapa penyedia Obat atau PBF yang tidak mau melayani permintaan pembelian obat-obatan akibat Hutang tersebut. Sehingga pihak rumah sakit tidak bisa menganggarkan anggaran pembelian obat dengan jumlah yang banyak.

“Pihak rumah sakit juga telah melakukan pendekatan dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Barat agar memberikan bantuannya untuk beberapa kebutuhan obat tersebut dan sudah disediakan. Dan sesuai instruksi Pj. Bupati Seram Bagian Barat agar Hutang obat-obatan yang ada sejak masa kepemimpinan yang lalu agar segera dapat diselesaikan untuk mengantispasi kelangkaan obat-obatan tersebut,” ungkapnya.

Selain itu untuk Hutang Obat dimaksud terjadi sejak 2017 dengan jumlah hutang Rp. 422.782.699,- Tahun 2018 Rp. 636.210.329,- Tahun 2019 Sebanyak Rp.115.965.850,- dan tahun 2021 sebesar Rp 106.132.494,-., Yang sampai saat ini menjadi beban rumah sakit yg harus ditanggung. Perlu diketahui bahwa walaupun RSUD Piru merupakan salah satu penyumbang PAD Kab SBB terbesar saat ini.

“Namun statusnya belum BLUD, sehingga semua pendapatan tersebut harus di setor ke Kas Daerah, tidak dibenarkan untuk langsung digunakan oleh manajemen rumah sakit, sementara seluruh kegiatan RSUD menggunakan anggaran yg sudah tersusun di DPA dan sudah di bahas di BANGGAR DPRD Kabupaten,” tutur Chandra

Sambungnya, mengenai cairan infus yang harus dibeli di luar merupakan informasi yang mengada, karena kebutuhan cairan sampai wawancara dilakukan semuanya telah tersedia. Untuk kebutuhan kondisi-kondisi tertentu atau khusus yang kebutuhannya jarang digunakan, maka cairan tersebut yang perlu dibeli dari luar, Tetapi untuk cairan infus lainya semua tersedia.

Untuk itu dirinya berharap, terkait dengan pemberitaan yang menyudutkan terhadap layanan kesehatan yang diberikan oleh pihak rumah sakit maka saya selaku direktur menyatakan bawa informasi tersebut adalah fitnah dan informasi yang tidak berdasar, maka media tersebut dapat mengklarifikasi persoalan ini kepada publik sesuai dengan kode etik jurnalistik dan UU Pers yang jadi acuan media dan wartawan dalam menyampaikan pemberitaan. (IM-03)

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
PUPR Beserta OPD Kab. Aru Menggelar Jalan Sehat Disertai Loanching GAS JABU Dan FGD.
Kukuhkan 26 Kades, Ini Pesan Bupati Bursel
Warga Passo Semangat Atas Batuan Dari Cawagub Maluku 
Kontraktor Proyek Drainase Di Kabupaten Kepulauan Aru, Keluh Pemda Belum Cairkan Um.
Hadiri Pembukaan KKN Kebangsaan Ke XII, Kapolda Maluku Sapa Mahasiswa se Indonesia.
Dirjen Dikti Ristek Buka KKN Kebangsaan Ke-XII di Islamic Center
Lengkap Lima Pelaku Persetubuhan Anak Ditangkap 
Berita ini 62 kali dibaca

Berita Terkait

Saturday, 27 July 2024 - 08:09 WIT

Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor

Saturday, 27 July 2024 - 06:29 WIT

PUPR Beserta OPD Kab. Aru Menggelar Jalan Sehat Disertai Loanching GAS JABU Dan FGD.

Saturday, 27 July 2024 - 06:20 WIT

Kukuhkan 26 Kades, Ini Pesan Bupati Bursel

Friday, 26 July 2024 - 20:31 WIT

Warga Passo Semangat Atas Batuan Dari Cawagub Maluku 

Friday, 26 July 2024 - 20:26 WIT

Kontraktor Proyek Drainase Di Kabupaten Kepulauan Aru, Keluh Pemda Belum Cairkan Um.

Friday, 26 July 2024 - 19:35 WIT

Dirjen Dikti Ristek Buka KKN Kebangsaan Ke-XII di Islamic Center

Friday, 26 July 2024 - 15:38 WIT

Lengkap Lima Pelaku Persetubuhan Anak Ditangkap 

Friday, 26 July 2024 - 13:25 WIT

Ribuan Orang Banjiri Pembukaan Turnamen Dandim CUP 1 SBB Di Lapangan Kabaresi Piru.

Berita Terbaru

Headline

Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor

Saturday, 27 Jul 2024 - 08:09 WIT

Headline

Kukuhkan 26 Kades, Ini Pesan Bupati Bursel

Saturday, 27 Jul 2024 - 06:20 WIT

Headline

Warga Passo Semangat Atas Batuan Dari Cawagub Maluku 

Friday, 26 Jul 2024 - 20:31 WIT