HUT Ke 67 Tahun, BCA Gelar Bakti Sosial Operasi katarak

- Publisher

Thursday, 7 March 2024 - 22:04 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Ambon-infomalukunews.com-Di hari ulang tahun (HUT) ke 67 tahun, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali melaksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak, bahkan kini jangkauan program tersebut diperluas hingga ke Namrole, Buru Selatan, Maluku.

Kegiatan yang dilakukan di bawah payung program Bakti BCA ini berlangsung pada 1-2 Maret 2024, diikuti 62 pasien dari Namrole dan sekitarnya.

Baksos operasi katarak di Namrole dilakukan BCA bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK PERDAMI).

Program Bakti BCA ini digelar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Salim Alkatiri Namrole, Buru Selatan, Maluku.

Pembukaan kegiatan operasi katarak gratis dari Bakti BCA ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Buru Selatan La Hamidi, Sekretaris Daerah Buru Selatan Ruslan Makatita, Kepala Dinas Kesehatan Buru Selatan Wa Jeny, Kapolres Buru Selatan AKBP M. Agung Gumilar, Direktur RSUD dr. Salim AIkatiri Namrole Hanafi Laitupa, dan perwakilan Danramil l Leksula, SPBK Perdami, serta BCA Kantor Wilayah (Kanwil) IV.

Menariknya, kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen perseroan terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya untuk menurunkan angka kebutaan akibat katarak di Indonesia.

Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility Hera F. Haryn mengatakan, di bawah payung program Bakti Kesehatan, baksos operasi katarak akan terus BCA lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan.

“Kami menyadari, kesehatan mata sangat esensial dan perlu dijaga agar seseorang dapat memaksimalkan produktivitasnya. Oleh karena itu, berkolaborasi dengan SPBK PERDAMI, kami melaksanakan operasi katarak gratis sebagai bentuk dukungan untuk masyarakat agar tetap produktif dan bisa memenuhi perannya dalam komunitas,” ucapnya

Namrole adalah kota kecil di bagian selatan Pulau Buru, Maluku kata dia, Kecamatan yang menjadi ibu kota Kabupaten Buru Selatan ini mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, nelayan, dan pedagang.

“Kota ini berada di dataran rendah, dan daerah utaranya diselimuti pegunungan. Pelaksanaan operasi katarak gratis di Namrole diharapkan mampu meringankan beban masyarakat setempat, khususnya bagi para penderita penyakit tersebut,” harapnya

Dikatakan, seluruh pasien yang mendapat operasi katarak gratis telah memenuhi kriteria medis dari tim SPBK PERDAMI dan RSUD dr. Salim Alkatiri Namrole.

“BCA telah rutin menggelar operasi katarak gratis secara rutin bersama SPBK PERDAMI sejak 2001, hingga akhir 2023, total 7.694 pasien sudah mendapatkan operasi gratis katarak dari kegiatan yang dilakukan BCA bersama SPBK PERDAMI,” jelas Hera F. Haryn

Dijelaskan, pada 2023 lalu, baksos operasi katarak BCA telah dilaksanakan di beberapa lokasi dan dikuti 1.036 pasien, di antaranya RSPAD Gatot Subroto, Jakarta RSUD Puruk Cahu, Kalimantan Tengah RS Awal Bros Batam, Kepulauan Riau RSUD, Karel Sadsuitubun, Kei Kecil, Maluku Tenggara, RS Unggul Karsa Medika, Bandung RSUD KH Muhammad Thohir, Krui, Lampung RSUD Manokwari, Papua Barat, dan RSUD Umbu Rara Meha, Waingapu, Nusa Tenggara Timur BCA juga bekerja sama dengan Kick Andy Foundation dari tahun 2017, dan telah melakukan operasi katarak kepada 437 pasien.

“Ke depannya, BCA berkomitmen terus melanjutkan dan memperluas program baksos operasi katarak hingga ke seluruh penjuru Indonesia,” pungkasnya.

Semantara itu, Direktur RSUD dr. Salim Alkatiri Namrole Hanafi Laitupa menyampaikan sangat mengapresiasi usaha yang diberikan BCA dalam melaksanakan program bakti sosial operasi katarak ke berbagai daerah, terkhusus ke Namrole.

“Katarak merupakan penyakit gangguan mata yang cukup mendesak di Indonesia, dan bakti sosial operasi katarak BCA sangat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Laitupa

Dirinya berharap BCA bisa terus melakukan kegiatan serupa di lebih banyak wilayah di Indonesia, untuk mengurangi angka penderita katarak secara nasional

Tidak hanya melakukan operasi katarak lanjut Laitupa, dalam upaya memberantas penyakit tersebut BCA juga secara proaktif memberikan dukungan dengan menyediakan bantuan alat-alat operasi katarak untuk mendukung SPBK PERDAMI dan beberapa cabangnya.

“Lewat kolaborasi kuat bersama SPBK PERDAMI, program baksos operasi katarak diharapkan bisa berjalan lebih efektif dengan memanfaatkan teknologi, sehingga risiko yang berpotensi timbul dapat ditekan serta dampaknya bisa lebih positif,” pungkasnya.

Sekedar tau, BCA telah rutin menggelar operasi katarak tarak gratis secara rutin bersama SPBK PERDAMI sejak 2001. Hingga akhir 2023, total 7.694 pasien sudah mendapatkan operasi gratis katarak dari kegiatan yang dilakukan BCA bersama SPBK PERDAMI.

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer.

Pada akhir Desember 2023, BCA melayani lebih dari 38 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 82 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.258 kantor cabang, 19.047 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contoct center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam.

Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang. dan pemodal ventura.

BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas.

Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian indonesia. (IM-06).

Berita Terkait

Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
PUPR Beserta OPD Kab. Aru Menggelar Jalan Sehat Disertai Loanching GAS JABU Dan FGD.
Kukuhkan 26 Kades, Ini Pesan Bupati Bursel
Warga Passo Semangat Atas Batuan Dari Cawagub Maluku 
Kontraktor Proyek Drainase Di Kabupaten Kepulauan Aru, Keluh Pemda Belum Cairkan Um.
Hadiri Pembukaan KKN Kebangsaan Ke XII, Kapolda Maluku Sapa Mahasiswa se Indonesia.
Dirjen Dikti Ristek Buka KKN Kebangsaan Ke-XII di Islamic Center
Lengkap Lima Pelaku Persetubuhan Anak Ditangkap 
Berita ini 27 kali dibaca

Berita Terkait

Saturday, 27 July 2024 - 08:09 WIT

Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor

Saturday, 27 July 2024 - 06:29 WIT

PUPR Beserta OPD Kab. Aru Menggelar Jalan Sehat Disertai Loanching GAS JABU Dan FGD.

Saturday, 27 July 2024 - 06:20 WIT

Kukuhkan 26 Kades, Ini Pesan Bupati Bursel

Friday, 26 July 2024 - 20:31 WIT

Warga Passo Semangat Atas Batuan Dari Cawagub Maluku 

Friday, 26 July 2024 - 20:26 WIT

Kontraktor Proyek Drainase Di Kabupaten Kepulauan Aru, Keluh Pemda Belum Cairkan Um.

Friday, 26 July 2024 - 19:35 WIT

Dirjen Dikti Ristek Buka KKN Kebangsaan Ke-XII di Islamic Center

Friday, 26 July 2024 - 15:38 WIT

Lengkap Lima Pelaku Persetubuhan Anak Ditangkap 

Friday, 26 July 2024 - 13:25 WIT

Ribuan Orang Banjiri Pembukaan Turnamen Dandim CUP 1 SBB Di Lapangan Kabaresi Piru.

Berita Terbaru

Headline

Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor

Saturday, 27 Jul 2024 - 08:09 WIT

Headline

Kukuhkan 26 Kades, Ini Pesan Bupati Bursel

Saturday, 27 Jul 2024 - 06:20 WIT

Headline

Warga Passo Semangat Atas Batuan Dari Cawagub Maluku 

Friday, 26 Jul 2024 - 20:31 WIT