Asisten III Pemkot Ambon Resmi Buka Seleksi JPT Pratama.

- Publisher

Monday, 5 February 2024 - 16:57 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

IM-Ambon-Mewakili Pj Walikota Ambon Asisten III Administrasi Umum Pemerintah Kota Ambon Robby Sapulette resmi membuka kegiatan seleksi terhadap 10 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama 2024.

JPT Pratama atau setara Eselon II bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini berlangsung di hotel manise ambon lantai V pada hari ini Senin 05/02/2024.

Pelaksanaan seleksi tersebut mengacu pada UU Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, menghendaki ASN harus berkompetisi dalam mengisi jabatan eselon. diikuti oleh peserta berjumlah 25 orang, yang terdiri dari pejabat administrator di lingkup Pemerintah Kota Ambon berjumlah 23 orang, pejabat administrator dari provinsi Maluku 1 orang dan pejabat administrator dari Kabupaten Maluku tenggara 1 orang.

Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Robby Sapulette menerangkan, uji kompetensi atau asesmen pada kandidat Eselon II yang akan mengisi jabatan-jabatan kosong penting dilakukan untuk mengevaluasi keterampilan, pengetahuan dan kemampuan mereka.

Menurutnya, hal ini agar memastikan calon yang dipilih memiliki kompetensi sesuai tuntutan jabatan tersebut, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan efektivitas dalam menjalankan tugas-tugas kepemimpinan.

“Uji kompetensi juga membantu memastikan pemilihan dilakukan berdasarkan profesionalisme, perlu dilakukan uji kompetensi bagi kandidat yang akan mengisi jabatan yang masih kosong,” kata Sapulette menilai.

Selain itu, Sapulette menjelaskan bahwa seleksi ini tidak hanya diikuti oleh calon pejabat eselon 2, tetapi juga membuka peluang bagi pejabat administrator untuk berkompetisi dalam mengisi dan menduduki jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Robby Sapulette merasa yakin terhadap proses seleksi yang melibatkan panitia berpengalaman dan assesor yang kapabel adalah wajar. Keberadaan panitia seleksi yang berpengalaman dan assesor yang kompeten memberikan jaminan proses seleksi dilakukan secara profesional.

Dikatakan, mereka memiliki keterampilan untuk mengevaluasi kandidat secara menyeluruh, memastikan pemilihan dilakukan berdasarkan kompetensi dan kualifikasi sesuai kebutuhan jabatan. Dengan demikian, hasilnya dapat memberikan kontribusi positif terhadap keberhasilan organisasi.

 

“Saya sangat yakin, proses ini punya nilai positif karena dilakukan panita seleksi yang punya pengalaman dan dipandu assesor yang kapabel dan kompeten, sehingga hasilnya tidak diragukan lagi,” ujarnya

Kata dia, pemberian peluang kepada para pejabat administrator untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama dengan memenuhi syarat administrasi, kompetensi dan memiliki prestasi serta integritas yang tinggi, adalah langkah yang baik.

Asisten III itu menilai, hal ini dapat memastikan proses seleksi tidak hanya mempertimbangkan jabatan eselon dua dari calon, tetapi juga memberikan kesempatan kepada individu yang telah menunjukkan kemampuan dan dedikasi dalam tugas administratif.

“Dengan memperhatikan kompetensi, prestasi, dan integritas, pemerintah Kota Ambon dapat memastikan pejabat yang terpilih mampu memberikan kontribusi yang maksimal dalam menjalankan tugas kepemimpinan, pelaksanaan seleksi ini juga dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan eselon dua di Disdukcapil setelah kurang lebih 15 tahun untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik,” papar Asisten III itu.

Dengan melaksanakan seleksi lanjut Sapulette, pemerintah dapat memastikan jabatan tersebut diisi individu yang memiliki kompetensi dan pengalaman untuk memimpin dan mengelola dinas. Ini juga dapat berdampak positif pada peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta penyelenggaraan administrasi kependudukan secara lebih baik.

Harapan dari mantan kepala dinas perhubungan itu mengatakan untuk mendapatkan hasil maksimal dari pelaksanaan seleksi sangat beralasan. Dengan memastikan proses seleksi dilakukan secara transparan, obyektif dan melibatkan individu yang berkualitas, diharapkan pejabat yang terpilih benar-benar memenuhi harapan masyarakat dalam membangun dan memajukan Kota Ambon.

“Keberhasilan seleksi ini juga akan menjadi dasar kuat untuk memastikan keberlanjutan pembangunan dan kemajuan Kota Ambon sesuai kebutuhan dan aspirasi masyarakat, saya harapkan adalah hanya satu, yakni hasil yang maksimal. Dari hasil inilah, saudara-saudari dapat dipercayakan untuk membangun dan memajukan kota ini sesuai harapan masyarakat,” demikian kata Asisten III Robby Sapulette.

Sebagai informasi, jabatan yang dibuka dalam seleksi uji kompetensi JPT Pratama adalah Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Staf Ahli Walikota Bidang Politik, Hukum dan Aparatur, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Kegiatan seleksi ini direncanakan akan berlangsung selama 5 hari, dimulai pada tanggal 5, 6, 12, dan 13 Februari 2024 di Hotel Manise Ambon, dan pada tanggal 16 Februari 2024, kegiatan seleksi akan dilanjutkan di PT. BKN Makassar di Karang Panjang Ambon.

Turut dihadiri oleh Asisten III Administrasi Umum Pemkot Ambon yang mewakili Pj . Walikota Ambon Bodewin Wattimena , Forkopimda Kota Ambon, tim asesor dari kementerian dalam negeri, pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon. (IM-VLL).

Berita Terkait

Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor
PUPR Beserta OPD Kab. Aru Menggelar Jalan Sehat Disertai Loanching GAS JABU Dan FGD.
Kukuhkan 26 Kades, Ini Pesan Bupati Bursel
Warga Passo Semangat Atas Batuan Dari Cawagub Maluku 
Kontraktor Proyek Drainase Di Kabupaten Kepulauan Aru, Keluh Pemda Belum Cairkan Um.
Hadiri Pembukaan KKN Kebangsaan Ke XII, Kapolda Maluku Sapa Mahasiswa se Indonesia.
Dirjen Dikti Ristek Buka KKN Kebangsaan Ke-XII di Islamic Center
Lengkap Lima Pelaku Persetubuhan Anak Ditangkap 
Berita ini 21 kali dibaca

Berita Terkait

Saturday, 27 July 2024 - 08:09 WIT

Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor

Saturday, 27 July 2024 - 06:29 WIT

PUPR Beserta OPD Kab. Aru Menggelar Jalan Sehat Disertai Loanching GAS JABU Dan FGD.

Saturday, 27 July 2024 - 06:20 WIT

Kukuhkan 26 Kades, Ini Pesan Bupati Bursel

Friday, 26 July 2024 - 20:31 WIT

Warga Passo Semangat Atas Batuan Dari Cawagub Maluku 

Friday, 26 July 2024 - 20:26 WIT

Kontraktor Proyek Drainase Di Kabupaten Kepulauan Aru, Keluh Pemda Belum Cairkan Um.

Friday, 26 July 2024 - 19:35 WIT

Dirjen Dikti Ristek Buka KKN Kebangsaan Ke-XII di Islamic Center

Friday, 26 July 2024 - 15:38 WIT

Lengkap Lima Pelaku Persetubuhan Anak Ditangkap 

Friday, 26 July 2024 - 13:25 WIT

Ribuan Orang Banjiri Pembukaan Turnamen Dandim CUP 1 SBB Di Lapangan Kabaresi Piru.

Berita Terbaru

Headline

Kapolri Buka National Open Karate Championship di Pakansari Bogor

Saturday, 27 Jul 2024 - 08:09 WIT

Headline

Kukuhkan 26 Kades, Ini Pesan Bupati Bursel

Saturday, 27 Jul 2024 - 06:20 WIT

Headline

Warga Passo Semangat Atas Batuan Dari Cawagub Maluku 

Friday, 26 Jul 2024 - 20:31 WIT